Jateng Bike 2017

10 s/d 12 Maret 2017

Lihat Peta

Menikmati Panorama Enam Gunung

Menyebut pariwisata Nusantara sulit terpisahkan dari Jawa Tengah. Di wilayah inilah berdiri candi kebanggaan Indonesia, Candi Borobudur. Candi yang telah melegenda itu selalu menyedot perhatian banyak orang baik di Nusantara maupun mancanegara untuk mengunjungi Jawa Tengah.

Selain Borobudur, Jawa Tengah juga masih memiliki panorama alam yang nan indah yang layak dikunjungi wisatawan. Sebut saja, dataran tinggi Dieng, Gunung Merapi, hutan raya Baturaden dan pesona batik karya masyarakat setempat. Belum lagi, aneka ragam menu makanan lokal.

Semua kekayaan itu kini tidak cukup lama sebatas dipamerkan. Kekayaan-kekayaan itu perlu dikemas secara kreatif sehingga menjaring minat wisatawan. Salah satunya adalah menggelar wisata minat khusus melalui perjalanan bersepeda.

Pada Maret 2017, harian Kompas bekerjasama dengan Bank Jateng menggelar perjalanan bersepeda di wilayah Jawa Tengah selama tiga hari pada 10-12 Maret 2017. Acara yang diberi nama KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 itu dimulai dari Purwokerto, dan berakhir di Semarang, yang terbagi dalam tiga etape, yakni: Purwokerto – Wonosobo, Wonosobo – Borobudur, dan Borobudur – Semarang

Melewati jalur ini kita akan disuguhi panorama yang indah. Udara yang segar dan bersih, tidak banyak kendaraan yang lalu lalang, panorama yang indah, dan lebih menarik lagi tanjakan-tanjakan dan turunan yang menantang. Maklum, ada enam gunung yang berada dalam jalur KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 yakni: Gunung Sindoro Sumbing, Ungaran, Tidar, Merapi Merbabu.

Lebih dari itu, perjalanan ini sebagai bagian dari semangat kita untuk mengenal kekayaan Tanah Air kita sekaligus merajut nusantara. Pendek kata, peserta takkan pernah menyesali mengikuti KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017. Selamat mendaftar!!!

10 Maret 2017 : . Purwokerto – sukaraja – purbolingga – bukareja – klampok – mandireja – banjarnegara – alun alun – Wonosobo (H.Kresna) ● 11 Maret 2017 : Wonosobo – Kledung pass – parakan – temanggung – mertoyudan – secang – mungkit – Borobudur – akmil – magelang ● 12 Maret 2017 : Magelang – per4an artos – kopeng – salatiga – bawen – unggaran – semarang finnish Balaikota Semarang)

Syarat Ketentuan

Peserta

Setiap orang bisa menjadi peserta KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 dengan syarat:

  1. Berbadan sehat, tidak memiliki penyakit yang membahayakan untuk bersepeda sejauh minimal 135 kilometer per hari.
  2. Pelanggaran atas ketentuan ini membebaskan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 dari kewajiban untuk menanggung perawatan dan pengobatan atas resiko yang timbul akibat penyakit atau gangguan kesehatan, yang sudah diderita peserta sebelum mengikuti KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  3. Peserta KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 harus berusia minimal 17 tahun.
  4. Peserta memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta yang ditentukan dalam pedoman ini.

Pendaftaran dan Biaya

  1. Setiap peserta harus mengisi formulir pendaftaran secara online melalui http://bike.kompas.com dan melengkapi data-data yang diminta, sebelum mengikuti KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  2. Setelah mendaftarkan diri, setiap peserta harus membayar biaya partisipasi.
  3. Biaya partisipasi meliputi biaya manajemen bersepeda, biaya akomodasi dan biaya konsumsi selama perjalanan bersepeda KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 berlangsung.
  4. Segala biaya yang keluar untuk datang dan hadir di titik start atau setelah jelajah berakhir, tidak ditanggung oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  5. Peserta tidak bisa menentukan sendiri jalur yang akan ditempuh dan tidak bisa memilih jalur mana yang dia akan ikuti selama KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 berlangsung.
  6. Pembatalan yang dilakukan setelah peserta membayar biaya pendaftaran akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 50 persen, dengan catatan pembatalan dilakukan maksimal dua minggu sebelum acara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 dilaksanakan. Pembatalan yang dilakukan setelah melewati waktu dua minggu sebelum penyelenggaraan KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, maka seluruh uang pendaftaran tidak akan dikembalikan.

Kecepatan Bersepeda dan Dukungan Logistik

  1. KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 bukan lomba. Namun bagaimana pun untuk mengikuti acara jelajah ini, setiap peserta harus menyelesaikan dan sampai di garis finish dalam waktu yang ditentukan oleh panduan ini. Untuk seluruh perjalanan, kecepatan maksimum yang ditentukan adalah 25 kilometer per jam. Setiap peserta akan mendapatkan dukungan logistik berupa makanan, minuman, buah dan makanan tambahan, dari penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  2. Peserta tidak boleh mendapatkan dukungan logistik dari luar selama perjalanan, baik dari kendaraan lain, toko lokal atau penduduk atau orang lain yang melintas selama perjalanan.
  3. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 dibebaskan dari seluruh kewajiban atas peserta.

Sepeda dan Peralatan

  1. Peserta dapat menggunakan sepeda tipe apa pun (Mountain Bike/Road Bike/Hybrid) selama perjalanan, dengan catatan tidak berganti-ganti sepeda tanpa sepengetahuan dan seizin penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  2. Peserta hanya diperkenankan mengikuti KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 dengan menggunakan tenaga manusia, tidak menggunakan motor atau mesin penggerak lain.
  3. Setiap peserta harus menyesuaikan diri dengan peraturan umum yang berlaku untuk berkendara di jalan raya.

Selama perjalanan setiap peserta harus melengkapi sepedanya dengan:

  1. Lampu depan dan lampu belakang yang independen, sesuai dengan peraturan berkendara di jalan raya.
  2. Reflektor merah untuk lampu belakang sesuai dengan peraturan berkendara di jalan raya.
  3. Menempelkan stiker atau tanda untuk sepeda yang diberikan oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  4. Setiap peserta harus memiliki suku cadang dan peralatan yang dibutuhkan untuk sepedanya sendiri untuk menjamin kelancaran keikutsertaannya dalam KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017. Suku cadang tersebut dititipkan kepada teknisi di kendaraan teknisi yang akan mengikuti seluruh acara jelajah, atau dapat dibawa sendiri selama tidak mengganggu dan kenyaman bersepeda.
  5. Setiap peserta tidak diperkenankan membawa kendaraan pendukung sendiri di sepanjang rute atau etape penyelenggaraan KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  6. Selama bersepeda di seluruh etape, peserta wajib menggunakan jersey yang diberikan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, sesuai jadwal yang ditentukan.

Jalur Perjalanan

  1. Jalur perjalanan bersepeda yang harus ditempuh peserta ditentukan dalam rute dan/atau catatan yang ditentukan berdasarkan peta etape yang diterbitkan KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  2. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 bisa mengubah jalur dan rute, memperpendek dan/atau memperpanjang jarak tempuh, sebelum atau selama jelajah sepeda berlangsung, jika dibutuhkan untuk alasan keamanan dan keselamatan atau situasi tertentu yang tidak memungkinkan menggunakan jalur yang ditetapkan.
  3. Semua peserta harus mengikuti rute yang ditentukan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017. Jika peserta meninggalkan rute, dia harus kembali ke rute jelajah di titik yang sama, ketika dia meninggalkan rute dan harus meneruskan perjalanan sesuai dengan rute yang ditentukan untuk setiap etape.
  4. Peserta yang tidak mampu mengikuti rute yang ditentukan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 akan dievakuasi.

Ketentuan di Setiap Etape

Semua rute dan jalur selama perjalanan KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 akan ditempuh oleh seluruh peserta secara bersama-sama, baik di titik start, titik regrouping, titik istirahat maupun titik finish dan/atau akhir perjalanan.

  1. Titik start adalah titik dimana semua peserta akan memulai rute jelajah. Titik start akan ditentukan oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, untuk setiap etape.
  2. Titik regrouping ditentukan setiap 30 kilometer atau di titik lain yang dianggap perlu oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, untuk menjamin seluruh peserta bisa bersepeda secara bersama-sama.
  3. Titik istirahat ditentukan setiap 60 kilometer atau di titik lain yang dianggap perlu oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017. Di titik istirahat, seluruh peserta akan disediakan makan siang dan istirahat selama maksimal 45 menit.
  4. Setiap peserta dilarang keras bersepeda mendahului road captain yang akan selalu berada di barisan terdepan peserta.
  5. Setiap peserta dilarang keras bersepeda di belakang tim penyapu, yang akan selalu berada di barisan paling belakang dari seluruh peserta.
  6. Peserta yang bersepeda di belakang tim penyapu akan dievakuasi dan diperkenankan meneruskan perjalanan jika cukup kuat untuk selalu berada dalam rombongan seluruh peserta.
  7. Peserta tidak diperkenankan meneruskan satu etape jelajah, atau didiskualifikasi, jika dianggap tidak mampu oleh tim medis yang disediakan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  8. Peserta yang sudah didiskualifikasi untuk satu etape, diizinkan untuk mengikuti etape berikutnya, jika mendapat rekomendasi dari tim medis yang disediakan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.

Perilaku di Perjalanan

  1. Peserta tidak boleh digantikan oleh orang lain, selama jelajah KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 berlangsung.
  2. Peserta harus mematuhi peraturan berkendaran di jalan raya. Jika kondisi jalan tidak memungkinkan peserta untuk mematuhi aturan berkendara di jalan raya, peserta harus sebisa mungkin melakukan hal-hal yang diperlukan untuk tetap berperilaku wajar dan tidak membahayakan peserta lain maupun pengguna jalan lain.
  3. Setiap peserta harus bersepeda sendiri atau dengan bantuan peserta lain selama perjalanan. Peserta boleh mendorong atau didorong peserta lain selama perjalanan. Peserta boleh didorong oleh tim pendukung yang disediakan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, tapi tidak boleh didorong oleh pesepeda lain yang tidak menjadi KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  4. Peserta harus memenuhi dan menyanggupi segala permintaan yang masuk akal dari penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, berkaitan dengan perjalan bersepeda dan pendukung acara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  5. Peserta harus bersepeda secara santun, sportif dan tidak membahayakan peserta lain selama jelajah berlangsung.
  6. Peserta tidak diperkenankan melakukan perilaku tercela dan merusak reputasi KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  7. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 bisa melakukan pengujian bersepeda terhadap semua peserta, jika merasa peserta tidak memiliki ketrampilan sepeda yang dibutuhkan untuk jelajah ini atau merasa peserta tidak kompeten untuk mengikuti satu etape atau seluruh etape jelajah.
  8. Peserta diwajibkan mengikuti acara pembukaan dan penutupan serta acara lain yang digelar oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 selama jelajah berlangsung. Peserta yang melakukan kelalaian ini tidak akan mendapatkan piagam/sertifikat dan medali dari penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.

Diskualifikasi

  1. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 bisa mediskualifikasi setiap peserta yang melakukan pelanggaran atas pedoman atau pelanggaran aturan hukum yang berlaku. Peserta bisa didiskualifikasi kapan saja, sebelum, selama atau setiap waktu selama acara jelajah berlangsung. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 tidak lagi memberikan dukungan yang dibutuhkan terhadap peserta yang telah mendapat diskualifikasi.
  2. Peserta bisa didiskualifikasi, jika karena penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 menilai perilaku atau cara bersepedanya telah membahayakan dirinya sendiri, peserta lain atau pengguna jalan lainnya.
  3. Kehilangan dan Klaim
  4. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan harta benda peserta yang terjadi selama jelajah berlangsung. Penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 tidak bertanggung jawab atas segala klaim kerugian atau kerusakan yang dialami peserta untuk kerusakan harta benda yang terjadi sebelum, selama dan setelah penyelenggaraan KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, baik yang diakibatkan oleh kelalaian peserta lain atau musibah yang mungkin terjadi.

Kecelakaan dan Kematian

  1. Peserta KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 akan dilindungi oleh asuransi sebesar nilai pertanggungannya. Segala hal yang tidak tercakup dalam perlindungan asuransi tersebut menjadi tanggungjawab peserta sendiri.
  2. Peserta KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 yang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian, baik yang diakibatkan oleh kelalaian peserta, atau musibah yang mungkin terjadi selama jelajah berlangsung, bukan tanggung jawab penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017.
  3. Dokumentasi
  4. Segala dokumentasi, baik foto maupun rekaman video yang dilakukan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 terhadap seluruh peserta selama persiapan maupun jelajah berlangsung bisa digunakan oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, tanpa kewajiban membayar kompensasi, untuk kebutuhan publikasi seluruh media maupun kebutuhan promosi dan pemasaran program.

Dokumentasi

Segala dokumentasi, baik foto maupun rekaman video yang dilakukan penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017 terhadap seluruh peserta selama persiapan maupun jelajah berlangsung bisa digunakan oleh penyelenggara KOMPAS BIKE – JATENG GAYENG 2017, tanpa kewajiban membayar kompensasi, untuk kebutuhan publikasi seluruh media maupun kebutuhan promosi dan pemasaran program.

Daftar

Loading Registration Page, please standby ...

Sponsor Utama

Go top